10 Stadion Bola Termegah di Indonesia

Stadion Termegah di Indonesia

10 Stadion bola termegah di Indonesia – sering menjadi venue even olahraga populer bahkan satu di antaranya menjadi salah satu stadion sepakbola terbaik di dunia menurut sumber tertentu.

Namun seiring waktu kan ya tentu pasti setiap negara berlomba lomba memperbaiki infrastruktur demi keberlangsungan ekonomi daerah.

Indonesia merupakan salah satu negara yang rakyatnya banyak menggemari pertandingan olahraga salah satunya adalah sepakbola. Jadi tak heran jika hampir di setiap daerah memiliki klub sepak bolanya sendiri-sendiri dengan stadion kebanggaan.

Jadi selain klub klub sepakbola Indonesia juga memiliki beberapa stadion. Nah kali ini mimin mau berbagi 10 stadion bola termegah di Indonesia.

Ada banyak sekali stadion megah dengan kapasitas besar di Indonesia yang tersebar hingga seluruh penjuru tanah air. Beberapa di antaranya bahkan memiliki desain dan fasilitas yang modern loh.

10 Stadion Bola Termegah di Indonesia

1. Stadion Batakan


urutan ke 10 Stadion Batakan dibangun di kota Balikpapan merupakan stadion yang memiliki desain khusus untuk sepakbola. Dengan kapasitas sebanyak kira kira 40.000 kursi, stadion ini sekarang menjadi kandang Persiba Balikpapan.

2. Stadion Lukas Enembe


Urutan kedua Stadion ini memiliki daya tampung 40.263 penonton dibangun untuk menyambut PON XX yang pertama kalinya diadakan di tanah Papua.

Stadion Lukas Enembe memiliki pemandangan luar Pegunungan Cycloop di utara dan Danau Sentani di selatan, terletak di kabupaten Jayapura dan rencananya akan dipakai sebagai markas Persipura Jayapura.

Stadion ini Lukas Enembe merupakan salah satu kebanggaan rakyat Papua dan baru diresmikan pada tahun 2020 kemarin.

3. Stadion Kanjuruhan


Urutan ketiga Stadion Kanjuruhan sekarang identik dengan Arema FC karena memang telah menjadi markas klub kebanggaan masyarakat Malang tersebut sejak dibuka pada 2004. Selain Arema, stadion dengan kapasitas 42.449 kursi tersebut juga digunakan oleh Persekam Metro FC yang saat ini berada di Liga 3.

4. Stadion Utama Riau


Urutan keempat Stadion Utama Riau dibangun pada 2012 stadion ini awalnya dipergunakan untuk PON XVIII di Riau Stadion multifungsi ini mampu menampung kira kira 43.923 penonton. Sempat beberapa kali menjadi venue pertandingan tim nasional khususnya kelompok umur dan juga PSPS Pekanbaru.

5. Stadion Jatidiri


Urutan kelima Stadion Jatidiri merupakan markas dari kesebelasan PSIS Semarang. Pada 2016 stadion yang berada di kota Semarang ini mengalami renovasi total hingga mengubah wajahnya menjadi stadion bertaraf internasional dan memperbesar kapasitasnya hingga 45.000 kursi saat ini.

Kota Semarang yang terkenal akan lumpianya ini juga tak mau kalah. Stadion Jati Diri yang ada di Semarang, Jawa Tengah, ini menjadi markas bagi PSIS Semarang. Berdiri sejak 1991, Stadion Jati Diri mampu menampung setidaknya 45.000 penonton.

6. Stadion Harapan Bangsa


Urutan ke enam dikenal dengan nama Stadion Lhong Raya, stadion ini berlokasi di Kota Banda Aceh. Memiliki 45.000 kursi penonton, stadion ini dibangun pada 1997 dan mengalami renovasi setelah bencana gempa bumi dan tsunami pada 2004 dengan bantuan dana dari FIFA. Sekarang stadion ini menjadi markas Persiraja Banda Aceh.

Stadion Harapan Bangsa di Banda Aceh juga masuk ke dalam daftar stadion termegah yang dimiliki Indonesia. Stadion ini diresmikan pada 1997 dan mampu menampung penonton hingga 45.000.

7. Stadion Gelora Bung Tomo


Urutan ke 7 Stadion kebanggaan masyarakat Surabaya ini memiliki kapasitas 46.806 penonton setelah renovasi pada 2020 lalu untuk menyambut Piala Dunia U-20 2023. Stadion ini digunakan untuk pertandingan sepakbola dan menjadi kandang baru bagi Persebaya Surabaya, menggantikan Stadion Gelora 10 November.

Memiliki kapasitas sebanyak 45.000 penonton, Stadion Gelora Bung Tomo ikut memeriahkan stadion termegah di Indonesia. Lokasinya berada di Surabaya, Jawa Timur. Praktis stadioon ini menjadi rumah bagi Persebaya Surabaya.

8. Stadion Utama Palaran

Urutan ke delapan stadion ini letaknya di Palaran, Samarinda, Kalimantan Timur, Stadion yang memiliki 67.075 kursi ini dibangun oleh Pemerintah Provinsi Kaltim untuk menghadapi PON XVII. Sayangnya, setelah itu stadion ini terkesan terbengkalai dan hingga saat ini tidak pernah lagi digunakan untuk menggelar agenda olahraga khususnya sepakbola.

9.Stadion Utama Gelora Bung Karno

urutan ke 9 Stadion Utama Gelora Bung Karno atau yang dikenal dengan SUGBK merupakan stadion multifungsi bagian dari kompleks olahraga Gelanggang Olahraga Bung Karno di Jakarta dan biasanya dipakai sebagai markas tim nasional Indonesia. Stadion berkapasitas 78.193 penonton ini dinamai untuk menghormati Soekarno, Presiden Republik Indonesia pertama.

Stadion yang telah berdiri sejak 1960 ini menjadi stadion terbesar di Indonesia. Lokasinya berada di ibukota Jakarta dan mampu menampung sekitar 77,193 penonton.

Tak hanya itu saja, Gelora Bung Karno juga menjadi salah satu stadion terbaik di dunia. Tak heran jika stadion ini menjadi salah satu venue pertandingan penting, seperti Piala AFF, SEA Games, Pesta Olahraga Asia, dan lain-lain.

10. Jakarta International Stadium (JIS)


Urutan ke sepuluh Stadion dengan kapasitas 82.000 kursi ini mulai dibangun dan diresmikan pembukaannya pada 2022. Jakarta International Stadium merupakan stadion modern yang didesain khusus untuk sepakbola milik pemerintah DKI Jakarta, terletak di Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Stadion yang berlokasi di Jakarta Utara ini baru diresmikan pada 19 April 2022 lalu menjelang laga final International Youth Championship (IYC) 2021. SIJ mampu menampung 82.000 penonton dan menjadi rumah bagi tim Persija Jakarta.

Baca juga : 3 Stadion Bola di Bogor yang Memeriahkan Asian Games