5 Stadion Bola Termegah di Dunia

Stadion Bola Termegah

5 Stadion Bola Termegah di Dunia – Pecinta bola mestinya gamau dong ketinggalan info soal stadion bola termegah di dunia yakan.

Sayang banget kalo kamu lewatin deh! soalnya emang menambah wawasan banget kok dijamin asal kamu membaca sampai selesai & memahami isi artikel ini yaa.

Stadion memang sangat dibutuhkan apalagi buat klub bola. Kalo ga punya stadion sendiri tentu untuk latihannya akan sulit dong yakan? dan punya stadion sendiri juga dapat digunakan sebagai bisnis juga toh nanti keuangannya diputar kembali untuk kemajuan dan perkembangan klub. Setuju?

Stadion bola termegah di dunia masak iya tidak menjadi daya tarik orang orang sih? tempat wisata aja kalo bagus bikin orang pengen lagi dan lagi apalagi stadion.

Stadion menjadi daya tarik tidak hanya bagi pemain atau klub sepak bola. Dengan adanya stadion memungkinkan para penggemar sepak bola menyaksikan pertandingan secara langsung klub negara idolanya dengan kapasitas yang fantastis.

Selain fungsinya yang sangat penting tentu dong keindahan sebuah stadion dapat membuat mata kita terpesona melihat keindahan dan kemegahannya. Yaa disisi lain kenyamanan juga akan lebih memanjakan kita ketika menonton bola secara langsung.

5 Stadion Bola Termegah Di Dunia

5. Azteca (Meksiko)


Urutan ke lima ada Stadion Azteca yang merupakan stadion sepak bola yang terletak di Mexico City. Meksiko stadion ini memiliki kapasitas yang sangat besar dengan maksimal bisa menampung kira kira 104.000 penonton.

Bagi para penggemar Timnas Inggris mungkin mengingat stadion ini dengan kenangan yang kurang baik. Soalnya disana The Three Lions kalah dari Argentina pada perempat final Piala Dunia 1986. Setelah legenda sepak bola Diego Maradona mampu mencetak dua gol yang melegenda.

Satu gol dijuluki beberapa orang adalah “Tangan Tuhan” dan yang kedua gol solo run tengah lapangan melewati lima pemain Inggris.

Stadion Azteca ini merupakan stadion kebanggan Warga Mexico dan termasuk stadion termegah di Mexico. Dan stadion ini mulai dibangun sejak tahun 1961 dan selesai pembangunannya kira kira tahun 1966.

Pembangunan stadion ini memang dirancang untuk menyambut pagelaran even bergengsi Piala Dunia kira kira pada tahun 1970 di Mexico. Oiya Nama Azteca diambil dari nama bangsa Aztec yang merupakan penduduk asli Meksiko.

Azteca saat ini berkapasitas sekitar 105.000 penonton dengan 79.923 diantaranya adalah single seat. Stadion ini menjadi markas Timnas Meksiko dan dua kali menggelar pertandingan final Piala Dunia.

Ngomong-ngomong Estadio Aztreca merupakan stadion di mana Pele dan Diego Maradona mengangkat trofi. Dimana mereka mengangkat trofi terakhirnya pada 1970 dan 1986 yaitu Jules Rimet dan trofi Piala Dunia.

Estadio Azteca menjadi tempat diselenggarakannya berbagai kompetisi olahraga. Seperti Olimpiade musim panas 1968, Piala Dunia 1970, Pan American Games 1975, FIFA World Youth Championship 1983, dll.

Estadio Azteca memiliki sebuah plakat perunggu sebagai peringatan “Game of the Century”. Ketika Italia berhasil mengalahkan Jerman Barat dengan skor akhir 4-3 untuk kemenangan Italia pada semifinal Piala Dunia 1970. Serta “Goal of the Century” ketika Diego Maradona mencetak gol ke gawang Inggris pada perempat final Piala Dunia 1986. 

Stadion Azteca pernah menjadi markas dari berbagai tim sepakbola Meksiko di antaranya adalah Necaxa di tahun 1966-1971 dan 1982-2003. Selain itu ada juga Atlante ditahun 1966-1982, 1996-2001 dan 2004-2007, Pumas UNAM ditahun 1967-1969, dan Atletico Espanol di tahun 1971-1982.

Dan stadion ini juga mengisahkan Diego Maradona mencetak gol yang dijuluki “tangan Tuhan”  di Estadio Azteca pada 22 juni 1986. Kata orang yaa… kalo mimin gatau hehee

4. Camp Nou (Spanyol)


urutan keempat Stadion Camp Nou bisa dibilang salah satu stadion sepak bola termegah di dunia. Berada di Spanyol, stadion ini juga menjadi rumah bagi klub raksasa Spanyol, Barcelona.

Saat ini Camp Nou mampu menampung kapasitas penonton hingga kira kira 98.757 orang. Namun kapasitas stadion tersebut pernah sempat mencapai 120.000 pengunjung pada Piala Dunia 1982. Karena adanya perubahan undang-undang maka kapasitas stadion tersebut akhirnya dikurangi.

3. Old Trafford (Inggris)


Urutan ketiga Old Trafford menjadi markas Manchester United. Stadion ini merupakan salah satu tempat yang paling megah yang ada di Inggris bahkan Old Trafford kini dijuluki sebagai The Theatre of Dreams.

Stadion ini dibangun pada perkiraan 1910 dan telah direnovasi pada tahun 2006 yang dapat menampung lebih dari 75.000 penonton meski masih banyak stadion yang dapat menampung jumlah pengunjung lebih banyak, namun pesona Old Trafford masih menjadi salah satu yang terbaik di dunia.

2. Allianz Arena (Jerman)


urutan kedua Allianz Arena Stadion yang berbasis di Munich ini merupakan rumah dari dua klub sepak bola Jerman, Bayern Munchen dan 1860 Munchen. Menariknya, Allianz Arena dapat berubah-ubah warna di setiap pertandingan, merah untuk Bayern Munchen, dan biru untuk 1860 Munchen.

Saat ini Allianz Arena dapat menampung sebanyak 75.000 pengunjung. Stadion yang relatif baru pasti akan menjadikan dirinya sebagai salah satu stadion terbesar di dunia sepakbola selama bertahun-tahun yang akan datang.

1. Wembley (Inggris)


Urutan kesatu Stadion Wembley menjadi salah satu stadion sepak bola paling ikonik di dunia. Stadion yang berada di London ini disebut sebagai stadion yang memiliki elektifikasi terbaik di dunia, dan desain yang baru mambuatnya semakin terlihat megah.

Wembley mampu menampung pengunjung hingga 90.000 orang. Stadion ini dipercaya menjadi tempat diselenggarakannya partai semifinal dan final Piala Eropa 2020. Karena sering digunakan dalam turnamen besar, Wembley disebut sebagai The Home of Football.

Kalo kamu prefer yang mana?

Baca juga : 10 Stadion Bola Termegah di Indonesia